Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara

Uncategorized

Yori

Alat musik tradisional dari Sulawesi Utara disebut Yori. Alat ini dikenal sebagai Mouth Harp, di mana mulut pemain Yori bertindak sebagai resonator nada. Fungsi tali pada tubuh Yori bertindak sebagai pengatur ketinggian.

Tampaknya alat musik Yoti dikenal sebagai alat musik yang agak mistis. Pada dasarnya karena karena alat musik Yori ini sering dimainkan oleh suku Kulawi saat gerhana bulan atau gerhana matahari.

Beberapa sumber juga menyatakan bahwa alat musik Yori juga berasal dari provinsi Sulawesi tengah.

Saya tidak tahu apakah alat musik ini masih dimainkan oleh penduduk setempat. Jika pembaca tahu, silakan tulis di kolom komentar.

Santu

Alat musik Santu adalah alat musik tradisional dari Sulawesi Utara yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik Santu terbuat dari bambu dan kayu. Selain dipilih, instrumen ini juga bisa dimainkan dengan memukulnya dengan tongkat.

Dalam berbagai pertunjukan, pemain musik biasanya memainkan Santu dalam posisi duduk bersila dan Santu berada di lengan pemain musik. Pada zaman kuno, instrumen ini sering dimainkan oleh petani sambil merayakan panen berlimpah.

Paree

Paree dimasukkan sebagai alat musik tradisional Sulawesi Utara dalam bambu kering yang dapat diperoleh dari petani. Untuk mengeringkan bambu, pengeringan biasanya dilakukan saat matahari bersinar di sore hari.

Paree dimainkan dengan dipukuli dengan tangan orang yang memainkannya. Pada zaman kuno, instrumen ini dimainkan sebagai alat seni hiburan untuk mengisi waktu luang.

Lalove

Lalove adalah jenis alat musik tiup yang berasal dari utara Sulawesi. Alat ini digunakan untuk mendukung komunitas tari tradisional. Hampir sama dengan alat musik Yori, alat musik Lalove ini juga agak mistis. Ini terbukti jika seseorang telah dirasuki oleh roh, maka dengan hanya mendengarkan alunan alove, orang tersebut akan kehilangan kesadaran dan menjadi kerasukan lagi.

Seperti sifatnya, maka alat musik ini tidak bisa dimainkan dengan sembarangan. Hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi ketika instrumen ini dimainkan oleh orang-orang yang tidak terbiasa memainkan instrumen Lalove.

Kolintang

Alat musik tradisional dari Sulawesi Utara ini disebut Kolintang. Kabar baik bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang instrumen ini, baru-baru ini kami membahas sejarah, fungsi dan cara memainkan instrumen Kolintang.

Momongan

Alat musik tradisional Sulawesi Utara pada tahap ini dikenal sebagai Momongan. Yang pasti itu bukan ibu bayi :).

Alat musik Momongan dikembangkan di wilayah Minahasa. Dan bagaimana cara memainkan momongan ini dengan dipukul dengan kayu atau tongkat. Momongan umumnya terbuat dari campuran logam perunggu. Penduduk setempat pada zaman kuno jika Anda ingin melihat alat musik Momongan ini ketika ada acara hiburan rakyat atau sebagai iringan seni tradisional Minahasa.

Salude

Alat musik tradisional Sulawesi Utara ini menyandang nama Salude dan dimasukkan ke dalam Idokardofon. Salude dimainkan dengan memetik dengan bantuan daun pisang sehingga terbentuk.

Tubuh Salude terdiri dari ruas bambu dengan dua senar yang dapat memancarkan nada. Senar biasanya terbuat dari kulit bambu.

Sumber: imujio.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*