Cara Membuat Model Jendela Kamar Tidur Aluminium Yang Praktis

Uncategorized
gambar model jendela kamar tidur aluminium

Model Jendela Kamar Tidur Aluminium – Tahukah anda bila model jendela yang dirancang dengan baik adalah kunci untuk menciptakan kamar tidur yang bergaya dan nyaman? 

Untuk membuat model jendela kamar tidur aluminium yang praktis dan modern bisa dibilang cukup mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi penempatan jendelanya. Lokasi penempatan jendela akan mempengaruhi ukuran atau dimensi yang sesuai untuk kamar tidur anda. Selain itu, perhatikan apakah diperuntukkan menghadap ke luar atau hanya sebagai penyekat ruangan. Bagi jendela yang diperuntukkan menghadap ke luar, pastikan posisi jendelanya memungkinkan untuk berada dalam posisi yang terbuka.

Saat menentukan lokasi untuk menempatkan jendela yang ingin dibuat, perhatikan juga apakah dindingnya dilewati kabel listrik atau tidak. Hal ini guna mengantisipasi agar tidak memotong kabel yang berada dibalik dinding saat akan membuat lubang untuk kerangka jendelanya. Barulah kemudian jika lokasi telah dipastikan, selanjutnya ukur dinding tersebut. Anda bisa menggunakan meteran rol untuk melakukan pengukuran. Tentukan seberapa panjang dan lebar jendela yang diinginkan. Untuk ukuran normalnya kira-kira 80 cm x 40 cm. Namun, tidak menutup kemungkinan jika anda menginginkan model jendela yang lainnya, misalnya tingginya jenjang atau bahkan modelnya lebar menyamping. 

Persiapkan Bahan Material yang Dibutuhkan Untuk Membuat Model Jendela Kamar Tidur Aluminium

Setelah penentuan lokasi dan pengukuran selesai dilakukan, cara yang tepat untuk membuat model jendela kamar tidur aluminium yang pertama adalah menyiapkan material dan peralatan yang dibutuhkan. Diantaranya; batang aluminium untuk kusen jendela, kaca yang sesuai ukuran jendela yang akan dibuat, karet yang berfungsi sebagai penahan kaca, gergaji besi, alat penghalus metal, penggaris, meteran roll, mesin bor untuk melubangi dinding, dan juga pena. Namun, jika jendela yang akan dipasang pada tempat yang telah dipasangi jendela sebelumnya, maka tidak diperlukan mesin bor. 

Tahapan Cara Membuat Model Jendela Kamar Tidur Aluminium Yang Praktis

Setelah bahan siap, pembuatan jendelanya bisa dimulai dengan mengoperasikan gergaji besi. Aluminium adalah jenis metal yang cukup mudah dipotong. Anda hanya perlu menggunakan teknik yang tepat untuk mengoperasikan gergaji besinya. 

Pertama, gergaji bahan aluminium ke dalam bagian-bagian kecil. Potonglah aluminium ke dalam empat bagian yang telah ditentukan. Misalnya berukuran 80 cm dan 40 cm dengan jumlah masing-masing sebanyak dua buah. Gunakan pena dan penggaris untuk menentukan ukurannya yang tepat. Jangan sampai ukuran dan pengergajiannya meleset. Sebab, jika meleset maka kerangka akan menjadi tidak pas saat disusun.

Setelah proses tersebut selesai, sambungkan potongan aluminium untuk menjadi satu kesatuan kerangka jendela. Teknik penyusunannya dengan menggunakan sekrup dan penyambung ujung aluminium. Pada tiap ujungnya, pasangilah sealant supaya dapat menghindari kerangka kendor. Untuk memastikan kerangka sudah pas dengan lubang di dindingnya, anda perlu mencoba meletakkan kerangka pada dinding supaya bisa diketahui seberapa tepatkah ukuran kerangka tersebut. 

Setelah kerangkanya jadi, pasangkan kaca ke dalamnya. Supaya kacanya tidak terjatuh, miringkan satu sisi kaca dan menyelipkan sisi lainnya.  Selesai kacanya terpasang dengan kokoh, gunakan karet khusus kaca untuk melindungi ujung kaca dengan kerangka. Karet ini juga dapat berfungsi guna mencegah kaca menjadi kendor atau goyang.

Selanjutnya, persiapkan lubang kusen yang disesuaikan dengan ukuran model jendela kamar tidur aluminium tersebut. Ukuran lubang kusen perlu ditambahkan satu sentimeter sebagai tempat sealent. Lalu, masukkan kusen ke dalam lubang kusen dengan posisi yang kokoh. Saat posisi kusen sudah menempel dengan dinding, aplikasikan semen untuk mengisi rongga antara dinding dengan kusennya. Jika seluruh celah antara dinding dengan kusen telah tertutupi rapat, selanjutnya tempatkan jendela ke dalam kusen yang sudah jadi.
Itulah cara membuat model jendela kamar tidur aluminium yang praktis. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*