Donal J. Bowersox (Managemen Logistik, Tahun 2000) mengatakan bahwa gudang dapat digambarkan sebagai suatu sistem logistik dari perusahaan yang berfungsi untuk menyimpan produk dan rlengkapan produksi lainnya (bahan baku, good-in-process, barang jadi, spareparts, supplies dan dead stock) dan menyediakan informasi status kondisi material/produk yang disimpan di gudang sehingga informasi tersebut mudah diakses oleh siapapun yang berkepentingan dan selalu up-to-date. Donal J. Bowersox (Managemen Logistik, Tahun 2000) mengatakan bahwa gudang dapat digambarkan sebagai suatu sistem logistik dari perusahaan yang berfungsi untuk menyimpan produk dan erlengkapan produksi lainnya (bahan baku, good-in-process, barang jadi, spareparts, supplies dan dead stock) dan menyediakan informasi status kondisi material/produk yang disimpan di gudang sehingga informasi tersebut mudah diakses oleh siapapun yang berkepentingan dan selalu up-to-date. Ditinjau dari segi tipe atau jenis bahan/barang yang disimpan, gudang tertutup dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis bentuk yaitu: a). Gudang transit Biasanya terdiri dari lumbung-lumbung beratap yang disediakan di samping atau langsung berbatasan dengan fasilitas-fasilitas pelabuhan untuk melindungi persediaan-persediaan barang terhadap cuaca dalam proses pemuatan dan pembongkaran.b). Sewa gudang surabaya waringinwarehouse.com Gudang serba guna Gudang-gudang serba guna dapat berwujud bangunan-bangunan bertingkat banyak terutama tergantung dari pembatasan-pembatasan ruang dasar pada instansi penyimpanan khusus.c). Gudang kedap udara Pengendapan udara merupakan cara yang paling kuat untuk menyimpan segala macam barang supaya tahan lama dan daya gunanya semakin meningkat.d). Gudang pendingin (dengan pengaturan kondisi udara) Gudang pendingin dibangun dengan atap yang berdinding samping dan dinding ujung yang digunakan untuk menyimpan barang-barang yang mudah rusak. Gudang dapat digambarkan sebagai suatu sistem logistik dari sebuah perusahaan yang berfungsi untuk menyimpan produk dan perlengkapan produksi lainnya dan menyediakan informasi mengenai status serta kondisi material/produk yang disimpan di gudang sehingga informasi tersebut mudah diakses oleh siapapun yang berkepentingan.

Gudang memiliki peranan penting dalam proses pengendalian dan pengurangan biaya transportasi dan produksi, pada dasarnya gudang berkaitan erat dengan persediaan barang namun pada posisi tertentu gudang dapat mengurangi biaya transportasi dan produksi. Untuk perusahaan dagang seperti retailer (eceran) penyimpanan barang persediaan di ruangan toko tidak dapat dilakukan sebanyak penyimpanan barang di gudang, penyimpanan barang di toko hanya untuk sejumlah persediaan yang diperkirakan cukup untuk melayani kebutuhan konsumen atau pelanggan yang datang ke toko tersebut. Sewa gudang surabaya  Adapun functions of warehousing atau fungsi dari gudang secara umum sebagai bagian dari satu sistem logistik perusahaan yakni berfungsi untuk menyimpan produk dan menyediakan informasi terkait status serta kondisi material dan persediaan yang disimpan di gudang.

Untuk perusahaan dagang seperti misalnya Retailer (eceran) penyimpanan barang persediaan yang disimpan di ruangan toko tidak bisa dilakukan sebanyak penyimpanan barang yang disimpan digudang, penyimpanan barang di toko hanya bisa untuk sejumlah persediaan yang diperkirakan akan cukup untuk melayani kebutuhan konsumen yang datang ke toko tersebut. Perusahaan memiliki kontrol langsung dari dan tanggung jawab untuk produk sampai pelanggan mengambil kepemilikan atau pengiriman, yang memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan fungsi pergudangan lebih mudah ke dalam sistem total logistik. Bulk Storage Warehouse adalah jenis gudang untuk menyimpan barang produksi berupa cairan ataupun kering dalam ukuran besar.

Produk-produk tersebut juga ditempatkan sesuai jenisnya sebab Amazon mempunyai 5 jenis gudang yang berbeda di dalam satu lokasi untuk memudahkan proses penyimpanan hingga pengiriman.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*