Memahami jurnal, jenisnya, fungsi dan dasar-dasar pembuatan jurnal

Uncategorized

Dalam sistem akuntansi, akan selalu ada sistem catatan untuk menjelaskan aktivitas apa pun di perusahaan komersial atau jasa. Sistem registrasi (sistem akuntansi) yang biasa digunakan oleh perusahaan komersial dan layanan adalah sistem pendaftaran jurnal.
publikasi ilmiah buku harian sederhana yang dapat diartikan sebagai catatan akuntansi pertama setelah bukti transaksi dan berdasarkan pemahaman Anda, buku harian adalah setiap transaksi dalam urutan kronologis (dicatat dalam waktu) yang melewati media atau menahan semua transaksi di perusahaan adalah direkam. Selain itu, buku harian itu juga menawarkan ruang yang lengkap untuk mencatat transaksi dalam urutan kronologis (berdasarkan waktu). Buku harian itu memiliki nama dan jumlah uang dari masing-masing akun atau akun debitur atau kreditor. Oleh karena itu, dimungkinkan untuk meninjau dampak penuh dari transaksi signifikan perusahaan dengan jurnal. Jumlah setiap jenis buku harian untuk suatu perusahaan tergantung pada sifat kegiatan perusahaan, frekuensi dan jenis transaksi.
Ada dua jenis jurnal yang digunakan untuk mencatat semua transaksi di suatu perusahaan, yaitu jurnal pribadi dan publik. Tetapi pada dasarnya ada berbagai jenis jurnal atau catatan yang diterapkan perusahaan untuk semua bisnis dan layanan media / buku, yaitu jurnal umum, penyesuaian jurnal, pemblokiran jurnal, dan jurnal terbalik. Setiap bentuk jurnal memiliki fungsinya sendiri (jurnal umum, penyetelan jurnal, penutupan jurnal dan pembalikan jurnal). Untuk informasi lebih lanjut, kita akan membahas jurnal berikutnya.
Definisi jurnal pribadi
Jurnal pribadi adalah yang dikelompokkan berdasarkan metode perawatan. Setiap transaksi terjadi, bendahara menentukan bentuk transaksi dan mencatatnya dalam buku harian khusus.
Misalnya, jika perusahaan membeli 50 jam per bulan, direktur hanya akan mengelola empat atau lima akun, tergantung pada kebijakan perusahaan untuk mengklasifikasikan transaksi.
Untuk semua pembelian kredit, perusahaan menawarkan buku harian pribadi, juga dikenal sebagai Purchasing Diary. Setiap transaksi kredit yang terjadi dicatat oleh karyawan. Secara berkala, setiap bulan, misalnya, semua transaksi ditambahkan dan ditransfer ke buku besar.
Manfaat jurnal pribadi
Berikut adalah manfaat dari tinjauan umum:
1. Pembagian kerja diperbolehkan
Jurnal umum yang mencatat semua transaksi dalam jurnal sulit untuk disegmentasi. Lain halnya dengan jurnal khusus. Pembagian kerja ini dapat dilakukan dengan baik, karena ada banyak jurnal menurut metode perawatannya.
Karena itu, sangat mungkin bagi perusahaan besar untuk menangani satu atau dua jurnal untuk satu orang. Hanya seorang karyawan yang menerima pekerjaan yang dapat mendaftarkan belanja harian dan pertukaran uang setiap hari. Ini akan mendorong pengalaman dalam menangani pekerjaan sehingga hasilnya lebih baik.
2. Pemasangan entri akun
Salah satu tujuan penyelenggaraan jurnal pribadi adalah untuk memfasilitasi publikasi praktis dalam akuntansi atau membuatnya lebih praktis.
3. Memungkinkan kontrol internal yang lebih baik
Kontrol internal akan lebih baik jika seorang petugas berurusan dengan satu atau dua jurnal khusus. Bandingkan dengan orang yang menyimpan seluruh jurnal.
Jenis jurnal khusus
Setiap perusahaan dapat memasok atau membuat jurnal pribadi sesuai dengan persyaratannya, sehingga jurnal dari satu perusahaan tidak sama dengan jurnal perusahaan lain, dengan pengecualian perusahaan sejenis, dengan peluang desain yang sama untuk jurnal pribadi.
1. Pembelian harian, yang merupakan buku harian pribadi untuk mencatat pembelian barang dan barang lain yang dilakukan secara kredit. Jurnal ini juga bisa disebut buku belanja. Manfaat: mendaftarkan satu transaksi untuk pembelian barang yang berasal dari pembayaran kredit.
2. Buku penjualan, yang merupakan buku harian pribadi untuk mencatat transaksi unik untuk penjualan barang secara kredit. Manfaat memahami jurnal, jenis, fungsi, dan prinsip dasar untuk membuat jurnal
Dalam sistem akuntansi, akan selalu ada sistem catatan untuk menjelaskan aktivitas apa pun di perusahaan komersial atau jasa. Sistem registrasi (sistem akuntansi) yang biasa digunakan oleh perusahaan komersial dan layanan adalah sistem pendaftaran jurnal.
Dalam buku harian yang umum, setelah bukti transaksi dapat diartikan sebagai catatan akuntansi pertama dan berdasarkan pada pemahaman bahwa buku harian tersebut adalah setiap transaksi dalam urutan kronologis (dicatat dalam waktu) yang direkam oleh media Apakah atau dicatat dalam semua transaksi perusahaan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*