Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Uncategorized

Saat sebelum bermain sepak bola, kamu wajib mengenali apa saja metode dasar sepak bola serta penjelasannya. Kamu tidak butuh menekuni freestyle bola semacam juggling, balancing, serta lain– lain sebab itu tidak sangat berarti. Yang wajib kamu tahu serta pelajari merupakan macam- macam gerak dasar dalam permainan sepak bola.

Berikut ini teknik dasar permainan sepak bola yang dilansir dari resaja.com

1. Menggiring bola/ Dribbling

Menggiring bola ataupun yang biasa diucap dengan dribbling merupakan metode memahami bola dengan metode mendesak bola secara pelan sembari berlari maupun berjalan. Metode ini sangat dibutuhkan dalam game sepak bola, sebab bila dribbling kamu bagus, hendak memudahkan buat menerobos pertahanan lawan.

Metode dribbling dapat dicoba dengan kaki bagian luar, bagian dalam, serta bagian punggung. Terdapat 2 metode dalam dribbling.

  • Speed dribbling, metode dribbling ini dicoba pada dikala posisi kamu jauh dari lawan ataupun di depan lawan. Metode ini dicoba dengan metode menendang bola dekat 3– 5 m, kemudian berlari sekencang– kencangnya mengejar bola tersebut supaya lawan susah mengejar kamu.
  • Closed dribbling, metode dribbling ini umumnya dicoba dikala posisi kamu tidak nyaman ataupun dalam kondisi 1 lawan 1. Metode melaksanakannya merupakan menendang bola secara pelan dengan jarak kurang dari 1 m supaya dapat mengendalikan bola dengan baik biar tidak direbut oleh lawan.

2. Menendang bola/ shooting

Rata– rata orang tentu ketahui gimana metode menendang bola. Tetapi tidak seluruhnya ketahui tekniknya.

Berikut merupakan metode dasar menendang bola.

  • Menendang bola dengan kaki bagian luar, metode ini umumnya digunakan dikala freekick ataupun bola mati.
  • Menendang bola dengan kaki bagian dalam, metode ini umumnya digunakan dikala jarak kamu dekat dengan gawang serta pada dikala bola lagi bergulir.
  • Menendang bola dengan punggung kaki, metode ini umumnya digunakan dikala bola lagi melambung, bola mati, serta bola hidup ataupun bola lagi bergulir.

3. Mengumpan bola/ passing

Mengumpan bola ataupun passing merupakan metode dasar dalam game sepak bola yang bagi kami merupakan metode yang wajib harus dipahami serta yang sangat berarti. Mengapa kami bilang begitu? Sebab bila kamu tidak begitu hebat dalam menggiring bola, dapat tertutupi oleh umpan kamu yang bagus. Serta bila tendangan kamu buat mencetak berhasil kurang dapat diandalkan, hingga dapat tertutupi dengan membagikan umpan yang indah kepada sahabat.

Terdapat 3 metode dalam mengumpan bola.

  • Mengumpan bola dengan kaki bagian luar, metode ini digunakan buat mengumpan jarak pendek.
  • Mengumpan bola dengan kaki bagian dalam, metode ini pula digunakan buat mengumpan jarak pendek.
  • Mengumpan bola dengan punggung kaki, metode ini digunakan buat mengumpan jarak jauh.

4. Menghentikan bola/ stopping

Menghentikan bola ataupun Stopping pada biasanya merupakan metode dalam game sepak bola yang tidak sangat susah dipelajari. Banyak orang yang dapat dengan gampang menghentikan pergerakan bola, tetapi banyak pula yang susah dalam mengentikan bola. Contohnya bola yang ditendang dengan keras hendak susah buat dihentikan.

Berikut merupakan metode mengentikan pergerakan bola bagi suasana serta keadaan.

  • Menghentikan bola dengan telapak kaki, ini merupakan metode yang sangat gampang dalam menghentikan bola. Umumnya orang dapat dengan gampang melaksanakannya tanpa latihan spesial. Metode ini digunakan buat menghentikan bola dikala bergulir di tanah.
  • Mengentikan bola dengan punggung kaki, metode ini biasa digunakan buat mengentikan bola yang terletak di hawa.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam serta luar, metode ini digunakan buat mengentikan bola yang terletak di hawa tetapi tidak sangat besar serta dikala bola bergulir di tanah.
  • Mengentikan bola dengan dada, metode ini digunakan dikala bola melambung besar di hawa. Memanglah agak susah mengontrolnya, tetapi bila latihan secara teratur tentu nantinya hendak lebih gampang dicoba.
  • Menghentikan bola dengan perut, metode ini sesungguhnya tidak sering digunakan, sebab umumnya metode ini dicoba bila bola kebetulan menuju keperut kamu secara kilat sehingga wajib dihentikan memakai perut. Tetapi wajib dicoba dengan benar supaya tidak terjalin cidera serta bola dapat jatuh di kaki dengan baik.
  • Menghentikan bola dengan paha, metode ini digunakan dikala bola melambung di hawa.

5. Menyundul bola/ heading

Banyak orang pada dikala menyundul bola memakai ubun– ubunnya. Butuh kamu tahu kalau, menyundul bola memakai ubun– ubun tidak begitu efisien. Mengapa kami bilang tidak efisien? Sebab hendak sangat susah memandang arah datangnya bola, sehingga sulit dalam mengontrolnya.

Tetapi gimana metode yang efisien buat menyundul bola? Triknya merupakan dengan memakai dahi kamu. Dengan memakai dahi, kamu dapat memandang arah datangnya bola serta hendak lebih gampang dalam mengontrolnya.

6. Menyapu bola/ sliding tackle

Menyapu bola/ Sliding tackle merupakan metode dalam game sepak bola yang dicoba dengan meluncurkan badan kerumput demi merebut bola dari lawan. Pastinya metode sliding tackle ini sangat beresiko serta mempunyai efek yang besar.

Karena bila timing kamu pada dikala melaksanakan sliding tackle tidak pas meski sedikit saja, hingga dapat menimbulkan cidera pada lawan serta kamu dapat memperoleh kartu kuning apalagi kartu merah. Terdapat peraturan yang tidak boleh dicoba dalam sliding tackle, ialah tidak boleh melaksanakan sliding tackle dari balik, mengangkut kaki ke atas, serta memakai metode menggunting.

7. Merebut bola/ intercepting

Merebut bola ataupun intercepting merupakan metode buat memahami bola dari kaki lawan. Butuh kamu ketahui, kelincahan serta kecepatan sangat diperlukan dalam merebut bola, mengapa? Bila kamu kalah lincah serta kilat dari lawan, lawan dapat dengan gampang melewati kamu.

8. Menangkap bola/ goal keeping

Sesungguhnya, metode dasar dalam game sepak bola ini tidak begitu butuh bila posisi kamu bukan penjaga gawang/ kiper. Metode menangkap bola ini cuma harus dipelajari oleh penjaga gawang saja.

Kesimpulan metode dasar sepak bola, dari uraian diatas kita mengenali kalau sepakbola memiliki 8 macam- macam metode dasar game sepak bola yang harus kamu pelajari buat jadi pemain handal.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*